Pages

Wisata Pasar Kasongan

Pasar Kasongan
Sekitar 8 km ke arah barat daya dan pusat kota Yogyakarta terdapat Desa Wisata Kasongan. Desa Wisata Kasongan mi terletak di dukuh Kajen, Banguntapan, Kasihan, Bantul yang mempunyai luas sekitar 49 hektar. Dan perempatan jalan, nampak berdirinya tugu yang kokoh dan di sampingnya terdapat dua buah patung hewan yang menambah daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Desa tersebut. Memasuki jalan kearah barat, suguhan berbagai kerajinan telah dipamerkan didepan kios-kios kanan kiri jalan dengan berbagai bentuk dan ukuran.
Desa Kasongan memang identik dengan kerajinan keramik dan gerabah, dan merupakan sentral industri kerajinan keramik dan gerabah terbesar di Yogyakarta. Dalam perkembangannya Desa Wisata Kasongan, yang dulu menjadi tempat produksi, kini berkembang menjadi tempat pemasaran setelah berdiri kios-kios show-room. Sebagian besar penduduknya memang bermata pencaharian sebagai pengrajin keramik dan telah menghasilkan berbagai macam produk mulai dari guci, jambangan, vas bunga, patung hewan, tempat hilin, dan lainnya. Pasar produk keramik Kasongan 80% ke luar negeri, antara lain ke Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Amerika Serikat, dan Belanda. 

Selain itu para wisatawan juga dapat melihat secara langsung tentang proses pembuatan gerabah oleh para pengrajin. Agar lebih mudah dalam melihat proses pembuatan, sebaiknya berjalan kaki, karena selain dapat melihat secara langsung, kita juga bisa bertanya-tanya kepada para pengrajin sekitar. Kedatangan wisatawan juga disambut dengan baik oleh para pengrajin. Dalam persaingan dagang, kerukunan antar warga juga masih terjaga dengan baik. Persaingan Iebih di utamakan pada kualitas serta kreatifitas para pengrajin sehingga menambah nilai jual produksinya.
Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, tak ada salahnya anda mampir ke Desa Wisata Kasongan untuk melihat-lihat dan membawa pulang berbagi kerajinan dan aksesories untuk melengkapi rumah Anda.


Photo Pasar Kasongan

Data tentang Pasar Kasongan
Lokasi Pasar Kasongan terletak di Dukuh Kajen, Desa Kasongan Kecamatan Kasihan, Bantul
Pasar Kasongan Buka mulai Pukul 09.00-21.00
Tarif Masuk Gratis, hanya membayar ongkos parkir
Banyak Fasilitas yang bisa anda nikmati diantaranya berbagai kerajinan gerabah dan keramik, hotel, bank, tempat penukaran uang, pusat informasi wisata

Tranportasi Menuju ke Pasar Kasongan:
Dan pusat Kota Yogyakarta, Anda tinggal menyelusuri jalan Bantul. Setelah memasuki km 5,6 di jalan Bantul, pada sebelah barat terdapat sebuah koridor berbentuk gapura merah yang bertuliskan Desa Wisata Kasongan.
Jika menggunakan transportasi umum, kita bisa menumpang bus jurusan Bantul dan turun di Kasongan. Dan pusat kota Yogyakarta, Kasorigan dapat ditempuh dalam waktu setengah jam dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.