Pages

Puncak Suroloyo Pegunungan Menoreh

Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan Pegunungan Menoreh yang terletak di kabupaten Kulonprogo. Selain memiliki pemandangan yang indah, juga memiliki cerita dan mitos. ketinggian puncak Suroloyo sekitar 1.100 meter diatas permukaan air laut, dengan tempat yang berketinggian seperti itu kita bisa menyaksikan bentangan alam yang sangat mempesona. Pada pagi hari, kita bisa melihat jelas puncak Candi Borobudur yang berada di Magelang. kita juga bisa memandang empat gunung besar di jawa yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro itupun jika cuaca cerah.
Berkunjunglah ke Puncak Suroloyo saat matahari terbit sampai pukul 09.00, sebab saat itu pemandangan terlihat sangat indah bersih dan jelas. Pengunjung harus mempersiapkan fisik dan kendaraan dengan baik mengingat medannya cukup berat dan fasilitas yang ada masih jarang.

Sejarah Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo mempunyai kaitan sejarah dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu han Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dan Kraton Kotagede ke arah barat. Petunjuk itupun diikuti hingga dia sampai di puncak Suroloyo. Karena sudah menempuh jaraksekitar 40 km, Mas Rangsangmerasa lelah dan tertidur di tempat ini Pada saat itulah, Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa di tempat dia berhenti. ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana. Selain itu, puncak ini juga diselimuti mitos sebagai pusat atau titik tengah Pulau Jawa. Sebagian masyarakat Jawa percaya, jika ditarik lurus dan utara ke selatan, serta dan barat ke timur di atas Pulau Jawa, maka akan bertemu di puncak Suroloyo.

Data tentang Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00.  Tidak ada biaya tiket masuk alias Gratishanya dikenakan biaya parkir untuk motor Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000. Lokasi Puncak Bukit Suroloyo  terletak di Dusun Keceme, Kelurahan Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

Fasilitas yang ada di Puncak Suroloyo
Tiga buah gardu pandang

Transportasi menuju ke Puncak Suroloyo
Jalur untuk menuju tempat ini yakni jalan Godean - Sentolo - Kalibawang dan dan jalan Magelang - Pasar Muntilan - Kalibawang. Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Sampal saat mi daerah ni memang hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi saja.

Album Foto Puncak Suroloyo